Minggu, 09 Mei 2010

UMAR BIN KHATTAB, PENGANTAR TINJAUAN SEJARAH

Dalam sejarah Islam, tak ada orang yang begitu sering disebut-sebut namanya - sesudah Rasulullah Sallalhu 'alaihi wa sallam - seperti Umar bin Khattab. Nama itu disebut-sebut dengan penuh kagum dan sekaligus rasa hormat bila dihubungkan dengan segala yang diketahui orang tentang sifat-sifat dan bawaannya yang begitu agung dan cemerlang.

Jika orang berbicara zuhud - meninggalkan kesenangan dunia - padahal orang itu mampu hidup senang, maka orang akan teringat pada zuhud Umar. Apabila orang berbicara keadilan yang murni tanpa cacat, orang akan teringat pada keadilan Umar. Jika berbicara kejujuran tanpa membeda-bedakan keluarga dekat atau bukan, orang akan teringat pada kejujuran Umar. Dan jika ada yang berbicara tentang pengetahuan dan hukum agama yang mendalam, orang akan teringat pada Umar.

Kita membaca tentang semua itu dari buku-buku sejarah dan banyak yang menganggap cerita tentang Umar bin Khattab dilebih-lebihkan sehingga hampir tak masuk akal, karena lebih menyerupai mukjizat yang biasa dihubungkan dengan para nabi dan rasul, daripada dengan orang-orang besar yang terkenal.

Lalu, sejauh manakah sebenarnya peran Umar bin Khattab di dalam sejarah Islam?
Simak 317 halaman e-book catatan sejarah UMAR BIN KHATTAB - Sebuah Telaah Mendalam Tentang Pertumbuhan Islam Dan Kedaulatannya Masa Itu - di sini.


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar ya...

Translate to Arabic Translate to Bahasa Indonesia Translate to Bulgarian Translate to Simplified Chinese Translate to Croatian Translate to English Translate to Czech Translate to Danish TTranslate to Dutch Translate to Finnish Translate to French Translate to German Translate to Greek Translate to Hindi Translate to Italian Translate to Japanese Translate to Korean Translate to Norwegian Translate to Polish Translate to Portuguese Translate to Romanian Translate to Russian Translate to Spanish Translate to Swedish Translate to Slovak Translate to Serbian Translate to Thai Translate to Turkey Translate to Filipino Translate to Filipino